Welcome to Chilly Theme

Sea summo mazim ex, ea errem eleifend definitionem vim. Ut nec hinc dolor possim mei ludus efficiendi ei sea summo mazim ex.

5 Tips Kuliah Online Terbaik Agar Tetap Efektif Di Tengah Pandemi

5 Tips Kuliah Online Terbaik Agar Tetap Efektif Di Tengah Pandemi

Kamu pun juga bisa menjaga produktivitas di tempat kerja, bila mampu membagi waktu dengan baik. Apabila cara-cara tersebut dilakukan, materi akan dapat tersampaikan dengan lebih mudah. Meskipun kuliahonlineadalah hal yang baru dan tidak mudah untuk dijalani, mahasiswa harus bisa beradaptasi di situasi seperti ini supaya tetap bisa berprestasi. Ketahuilah kemampuanmu, jangan terlalu mengerjakan tugas dengan berlebihan.

Kuliah Online

Setidaknya memiliki lima alasan utama yang menjadi pertimbangan mengapa penulis tidak setuju perkuliahan di bulan Januari 2021 dilakukan secara offline. Adapun thirteen,8% responden lainnya tidak terlalu suka mengikuti kegiatan e-learning di luar yang diwajibkan universitasnya. Menjalani PJJ, Tuhfa merasa Kemendikbud melakukan upaya yang tepat namun terbilang terlambat. “Aku dapat kuota 50 GB tapi pas UAS, abis UAS kan libur jadi buat apa kuotanya?

Dengan pembelajaran daring, mahasiswa tidak perlu melakukan perjalanan antara rumah dan sekolah. Selain meminimalisir dampak kelelahan akibat perjalanan, waktu luang tersebut dapat digunakan untuk kegiatan produktif lainnya, misal mengulas kembali materi pembelajaran, mengerjakan tugas, beraktivitas fisik, hingga istirahat. Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan agar tetap produktif selama kuliah online yaitu dengan mereview materi. Hal ini bertujuan agar materi yang disampaikan oleh dosen tidak hilang begitu saja. Kamu bisa menggunakan materi pomodoro agar tidak mudah bosan selama mereview materi. Metode pembelajaran pomodoro juga dianggap sangat efektif untuk belajar.

Rasa malas yang ada membuat kita menyingkirkan semua kewajiban dan memosisikan ego untuk rebahan atau tenggelam dalam dunia maya di atas semuanya. Jadwal harian sebaiknya segera disusun, agar tidak terlanjur dibawa arus, yang mana mengarah pada banyak ketidakbaikan. Tanamkan pemikiran untuk tetap terpaku pada toleransi keterlambatan waktu sekolah atau kelas offline, jika tidak ingin menjadi pusat perhatian. Dekat dengan kasur dan dapur di rumah, jangan dijadikan alasan untuk melanggar komitmen yang ada. Guru Besar Akuntansi Undip ini menjelaskan, pemerintah tidak akan membatasi perguruan tinggi yang mau menjalankan kuliah daring dari standing akreditasinya.

Untuk menjalani kuliah online, kamu bisa memilih program S1 Sistem Informasi, S1 Manajemen, S1 Akuntansi, dan S1 Teknik Informatika. Sehingga untuk para mahasiswa yang memiliki kesibukan dan mobilitas yang tinggi sehingga kerepotan datang ke kampus setiap hari maka kuliah online satu ini dapat menjadi sebuah solusi. Setelah kamu melakukan pertimbangan yang cukup matang dan telah memutuskan untuk melanjutkan pendidikan perguruan tinggi melalui kuliah online, maka langkah selanjutnya yaitu mencari tempat kuliah on-line yang murah namun memiliki kualitas baik. Buatlah jadwal dan prioritas pekerjaan mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Ingatlah bahwa saat kuliah on-line juga berarti tidak ada lagi toleransi keterlambatan pengumpulan tugas karena semua dilakukan melalui sistem.

Dengan adanya program ini, kamu bisa mengikuti berbagai macam kursus yang diselenggarakan sebuah perguruan tinggi, meskipun kamu bukan mahasiswa dari kampus tersebut. Misalnya kamu bisa mengikuti kursus on-line yang diselenggarakan oleh kampus Oxford dan Harvard untuk meningkatkan soft talent. Banyak yang berpikir kuliah online merupakan kuliah yang bisa dijalani dengan santai. Padahal walau tidak bertemu muka, kedisiplinan adalah hal yang harus menjadi prioritas bila mahasiswa ingin cepat lulus.

Salah satu mahasiswa mengatakan bahwa ia memiliki kendala saat melakukan perkuliahan online, karena ia tidak memiliki fasilitas yang memadai di rumah, sehingga lebih menyulitkannya. Pada riset ini, proporsi mahasiswa berdasarkan jurusan yang ditempuh mencapai 57.eight persen dari seluruh program studi di Amikom. Sedangkan dari sisi angkatan, mayoritas mahasiswa dengan 65.4 persen angkatan 2018 dan 2019. Masih menurut Nina, selama perkuliahan on-line, menjadikan waktu bersama keluarga lebih banyak, karena dapat melakukan perkuliahan di rumah masing-masing. Jadi waktu kita bersama keluarga jadi lebih banyak karena kita tidak perlu pergi kemanapun termasuk ke kampus untuk kuliah.

Memperdalam pengetahuan teori pada saat kuliah dengan praktek yang saya lakukan di tempat saya bekerja menambah pengetahuan saya lebih dalam. Bidang di tempat saya bekerja sama dengan jurusan yang saya ikuti di BOL dan lebih fokus. Penggunaan LMS yang terintegrasi untuk interaksi mahasiswa dengan mahasiswa / dosen / pembimbing.

Teknologi informasi yang biasa digunakan selama proses pembelajaran ini bisa berbentuk kelas digital, beberapa aplikasi kerap menjadi pilihan yang efektif seperti Google Classroom dan Edmondo. Sedangkan untuk model video conference, aplikasi seperti Zoom, Google Meet, dan Skype juga menjadi pilihan yang tak kalah menarik untuk digunakan. Sebelumnya, mahasiswa dan dosen kebanyakan tidak familier dengan pembelajaran model seperti ini, tentu saja hal tersebut menimbulkan kegagapan. Namun, suka tidak suka, bisa tidak bisa hal ini harus tetap dilaksanakan. Tentu kita harus memperhatikan beberapa faktor, karena dalam proses pembelajaran banyak peran yang akan saling mendukung, yaitu dosen dan mahasiswa dituntut harus saling mendukung agar kuliah online bisa berjalan dengan efektif. Namun tidak hanya dosen dan mahasiswa yang harus saling mendukung, tetapi sarana dan prasarana juga harus mendukung agar kuliah on-line berjalan dengan efektif.

Comments are closed.