Welcome to Chilly Theme

Sea summo mazim ex, ea errem eleifend definitionem vim. Ut nec hinc dolor possim mei ludus efficiendi ei sea summo mazim ex.

10 Muda

10 Muda

Ditengah ‘ keringnya’ partisipasi pemuda dalam pembangunan bangsa saat ini dari segi politik, PSI membawa perubahan yang sangat kontradiksi dengan apa yang dipertontonkan parpol dewasa ini. Ini bukan promosi partai PSI maupun meng-iklankan partai tersebut agar dikatahui masyarakat dan dicintai rakyat dan menjadi pilihan kelak dimasa Pemilu. Namun ini hanyalah gambaran awal sesuai fakta bahwa partai ini benar-benar memanfaatkan pemuda agar lebih paham politik, dan berbaur didalamnya. Tapi, apakah semua hal yang dilakukan para partai tersebut sudah membuat para pemuda berkarya dengan baik? Atau malah menunggunya kehilangan semangat muda, bahkan cenderung mewarisi sikap politisi nakal sebelumnya? Terkadang, banyak pemuda yang masuk partai hanya untuk ‘keren-kerenan’, bukan untuk menemukan jati diri dan memberikan solusi.

Pemuda yang berkarya

Sebagai atlet voli senior, Sheilla melihat atlet perempuan kini sudah lebih meningkat baik dari segi kuantitas maupun kualitas. Tidak hanya berprestasi di masing – masing cabang olahraga namun banyak dari atlet perempuan yang menempuh pendidikan hingga S1 di luar bidang olahraga. Mulyono, selaku ketua pemuda Karang Taruna ini, menyampaikan, Taman PJR Pelindung Jaya merupakan kreasi pemuda Pelindung Jaya dan di dukung Pemerintahan Desa, dengan memanfaatkan ban bekas dan potongan potongan kayu sehingga menghadirkan inovasi yang bermanfaat. Desa sebagai satuan pemerintahan terkecil yang ada di Indonesia, dinilai perlu menjadi titik awal untuk merumuskan nilai dan tata kehidupan baru dalam bernegara dan bermasyarakat.

Tapi, setelah mereka selesai menuntut ilmu tak jarang anak-anak mud desa ini lebih memilih untuk bekerja atau mengadu nasib di kota karena tergiur dengan segala gegap gempita di kota. Padahal generasi muda adalah aset desa dan juga selaku penerus bangsa yang memiliki pemikiran hebat, tenaga yang luar biasa, semangat dan kreativitas dalam bergerak untuk melakukan pembangunan di desa. Menurut Filda Nur Fazira selaku ketua bidang Teknologi Informasi Komunikasi , mengungkapkan bahwa agenda lomba poster digital ini merupakan program kerja tahunan. “Program kerja lomba poster digital dalam memperingati hari sumpah pemuda diikuti oleh seluruh siswa dan siswi SMA Albanna.

Dari beberapa diskusi yang runing dilakukan oleh YSID dan Pena Bulu, dalam rangka mengagas kelanjutan dari Kongres Kebudayaan Desa Pertama menuju perhelatan Kongres Kebudayaan DesaKedua. Dari diskusi seri yang intens dilakukan masing-maisng sepakat bahwa pendidikan tentang “sinau urip” untuk diletakkan dalam skala prioritas utama. Pendidikan tentang “sinau urip” ini tidak bisa lepas dari ranah literasi dari desa, utamanya melalui membaca dan menulis. Menjadi pemuda yang peduli lingkungan, peduli akan keamanan lingkungan, peduli akan lingkungan sosail dan pemerintahan, sudah menjadi keharusan bagi pemuda yang ingin berkarya dan berguna bagi bangsa dan Negara. Dan, masuk kedalam ruang lingkup politik sudah menjadi kewajiban bagi setiap pemuda untuk memperbaiki sistem perpolitikan bangsa yang semakin “kabur” arahnya kemana, dan bisa menjadi penutan bagi pemuda lainnya untuk tidak gagap politik, dan Tetap Berjarya.

Awal pergerakan kemerdekaan secara nasionalis dimulai semenjak berdirinya organisasi kepemudaan di seluruh penjuru daerah di Indonesia dan saat Kongres Pemuda diselenggarakan. Ikrar yang menyatakan bahwa seluruh masyarakat Indonesia merupakan satu kesatuan dan harus berjuang secara bersama-sama dalam meraih kemerdekaan bangsa ini. William menambahkan buku ini hadir di tengah maraknya euforia dan bangkitnya semangat para pemuda Indonesia, untuk berbuat sesuatu demi perubahan yang lebih baik untuk bangsa ini. Hadirnya buku ini, kata dia, tidak bermaksud mengajari bahkan menggurui.

Comments are closed.